Senin, 21 Februari 2011

CEMBURU:RACUN PERNIKAHAN


                 Banyak orang yang berpendapat bahwa cemburu pertanda cinta. Namun apakah cemburu buta juga termasuk simbol cinta yang masih bisa ditolerir? Rasanya tidak. Cemburu buta menunjukkan sisi lemah orang yang memilikinya. Dia merasa bahwa tak ada orang selain dirinya yang berhak atas eksistensi dan esensi dari pasangannya tadi. Cemburu buta adalah ekspresi benci yang ditunjukkan seorang narsis yang menganggap bahwa dirinya merupakan pusat dari segala sesuatu. Seorang Hitler yang sangat cemburu buta terhadap Eva Braun terlihat dari pandangan hidupnya yang chauvinistik.
Api dari cemburu buta tidak memberi kesempatan bagi pasangan seorang chauvinisme dan narsisisme mendapat sentuhan kasih dari orang lain selain dirinya. Tradisi Carok di madura dan Makasar sangat kental dengan rasa cemburu berlebihan yang merusak hubungan antara dirinya, pasangannya serta orang-orang di sekelilingnya. Orang yang mengagungkan cemburu buta adalah orang kerdil dan picik dalam melihat dan memahami hakikat cinta yang sebenarnya.
Cemburu buta bisa dieliminir dengan cara menghilangkan pikiran negatif yang selalu menghantui penyandangnya. Paradigma dan pola pikir (mind set) orang yang mengedepankan cemburu buta hanya bisa dipermak atau di up-grade jika faktor keyakinan yang sudah berurat-berakar dalam pikirannya bisa berubah. Namun merubah pola pikir seseorang adalah tidak semudah membalikan tangan. Nilai-nilai agama dan nilai-nilai moral berperanan penting dalam mencapai “the turning point” watak dan karakter pencemburu buta, sehingga dia lebih toleran terhadap prilaku pasangannya ataupun orang lain.
Cemburu buta adalah sikap posesif dan “sense of belonging” yang terlalu berlebihan karena ketandusan dirinya dari pemahaman yang benar tentang arti dan makna cinta yang sesungguhnya. Cemburu buta membakar rasa solidaritas dan kesetia kawanan sosial sehingga dunia ini dirasakan oleh dirinya begitu sumpek dan sempit. Kesadaran dalam diri untuk menghilangkan pikiran negatif akan menjadi peluang bagi terbukanya pintu gerbang kebersamaan yang membuat dunia ini lebih indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar